Searching...
Minggu, 23 Agustus 2015

Kera Ekor Panjang



Kera ekor panjang hidup berkelompok dengan komposisi komplit. Besar kecilnya kelompok ditentukan oleh ada tidaknya pemangsa dan sumber pakan di alam.

Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan  : Animalia
Filum  : Chordata
Kelas  : Mammalia
Ordo  : Primates
Famili  : Cercopithecidae
Genus   : Macaca
Spesies  : Macaca fascicularis

DISKRIPSI
Macaca fascicularis tubuhnya tertutup mantel rambut berwarna coklat kemerah-merahan dibagian bawah lebih muda dan muka menonjol warna keputih-putihan. Anak kera ini bermantel rambut hitam dan warna rambut berubah setelah umur 1 tahun. Anggota badan dapat difungsikan sebagai tangan dan kaki. Satwa ini jika dipohon menggunakan jari-jarinya, namun jika diatas tanah menggunakan telapak kaki dan tangannnya ketanah. Jenis kera ini dapat berenang dengan baik.
PERILAKU
Kera ekor panjang hidup berkelompok dengan komposisi komplit. Besar kecilnya kelompok ditentukan oleh ada tidaknya pemangsa dan sumber pakan di alam.
 REPRODUKSI
Kera ekor panjang memiliki alat kelamin menonjol (kantong zahar besar). Masa kawin pada setiap siklus, kawinnya beramai-ramai, seekor pejantan kawin dengan beberapa ekor betina dan seekor betina kawin dengan beberapa ekor pejantan. Masa bunting selama 116 hari.
PAKAN
Berbagai jenis pakannya antara lain daun, buah, dan biji dan bunga. Selain itu juga makan serangga, telur anak burung, kepiting, udang, kerang dan binatang lainnya.
HABITAT
Kera ekor panjang mampu hidup dalam berbagai kondisi dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 2000m dpl, seluruh Asia.

Mari kita jadikan Jurug sebagai target lokasi edukasi satwa dan rekreasi keluarga. kami tunggu kunjungan anda, baik perorangan maupun rombongan.
www.plazatamanjurug.com
 
Back to top!