Searching...
Kamis, 13 Agustus 2015

Cuaca Ekstrim dan kartunama yang banyak di meja dokter Nuraini

Dokter Nuraini

Diantara kesibukannya suatu siang di TSTJ, Dr Hewan ini menyambut ramah setiap tamu yang masuk ruangannya. Pembahasan yang menarik kali ini adalah mengenai cuaca ekstrim dan antisipasi TSTJ terhadap satwanya.

Sebagaimana disampaikan dokter Nuraini (39 th), TSTJ telah memiliki jadwal yang ketat dalam pelaksanaan kerja di bagian Konservasi Satwa. Termasuk disaat ada cuaca ekstrim ataupun bila ada wabah, terutama Aves (bangsa burung) setiap hari diberi multivitamin berturut turut selama 1 bulan. Setelah itu selang 2 minggu diulang sistemnya lagi dalam setiap 3 hari pertama sampai wabah tersebut dinyatakan tidak berimbas pada satwa.

Cukup detil dan rumit juga bila kita cermati jadwal jadwal penanganan pada satwa satwa ini, namun tugas tersebut diembannya dengan penuh semangat, "untuk satwa karnivora, kami berikan Kalsium selang seling dengan penambah darah serta multivitamin khusus", jelas ibu yang punya dua putri kembar ini.

di Taman Satwa Taru Jurug ini, Kandang satwa terutama karnivora juga selalu diberi antiparasit satu minggu sekali, sedangkan antiseptik dan disinfektan diberikan 1 minggu 2 kali.

Pemantauan kondisi satwa dilakukan dokter Nuraini bersama keeper, semisal ada kondisi bahwa satwa bertingkah tidak seperti biasanya maka akan segera mendapatkan perhatian dan perlakuan sesuai prosedur dan aturannya. Dari Faeses juga dapat diketahui kondisi satwa tersebut. Kalau obat cacing rutin diberikan TSTJ setiap 3 bulan sekali.

Kalau mengenai kartunama yang banyak di meja, dokter Nuraini tertawa, "Agar saya mudah menghubungi siapa saja dan ngga perlu repot untuk mencari dan mengingat ingat", kata istri dari Bp. Doni Krisdiyanto, ST.

TSTJ selalu berbenah, baik untuk ekternal maupun internal. Satwa sehat, pengunjung banyak, semua bahagia. Maju terus TSTJ.
 
Back to top!