Searching...
Minggu, 23 Agustus 2015

Beruk


Dibagian kepala, leher, punggung sampai ekor gelap dan dibagian lain berwarna terang. Muka dari samping nampak moncong kedepan, jika dilihat dari depan nampak bulat, dibagian atas nampak rambut membentuk setengah lingkaran berwarna coklat kemerahan.

Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan  : Animalia
Filum  : Chordata
Kelas  : Mammalia
Ordo  : Primates
Famili  : Cercopithecidae
Genus   : Macaca
Spesies  : Macaca nemestrina

DISKRIPSI
Beruk merupakan jenis dari Ordo Primata yang mempunyai cirri-ciri berbeda dengan Macaca pada umumnya. Tubuhnya tertutup mantel rambut berwarna coklat keabu-abuan dan kemerahan. Dibagian kepala, leher, punggung sampai ekor gelap dan dibagian lain berwarna terang. Muka dari samping nampak moncong kedepan, jika dilihat dari depan nampak bulat, dibagian atas nampak rambut membentuk setengah lingkaran berwarna coklat kemerahan.
PERILAKU
Satwa ini  hidup diatas pohon, berkelompok. Kelompok ini tidak menetap disuatu areal tertentu tetapi selalu berpindah-pindah.
REPRODUKSI
Tidak ada musim kawin, perkawinan dilakukan sesuai daur birahi sepanjang tahun, lama bunting 130-180 hari, anak yang dilahirkan 1 ekor dan diasuh selama beberapa bulan dengan disusui dan dibawa kemana saja oleh induknya di perut.
PAKAN
Beberapa jenis pakan antara lain buah, biji-bijian, kuncup tanaman, insekta dan mamalia kecil juga ikan merupakan makanan dari satwa ini.
HABITAT
Lahan yang selalu hujan atau hutan yang ada musim gugurnya; diwilayah India utara sampai Indonesia.

Mari kita jadikan Jurug sebagai target lokasi edukasi satwa dan rekreasi keluarga. kami tunggu kunjungan anda, baik perorangan maupun rombongan.
www.plazatamanjurug.com
 
Back to top!