Searching...
Minggu, 23 Agustus 2015

Harimau juga puasa untuk tujuan mulia, Cieeeee....



Satwa harimau termasuk favorit nya pengunjung, banyak yang bilang kalo belum foto bersama harimau serasa belum berkunjung ke Jurug. Hal tersebut sah sah saja karena tak bisa dipungkiri satwa langka ini sangat karismatik dan unik. Untuk pemeliharaannya TSTJ mempercayakan tugas berat ini kepada Agus Purwanto (40 th) asal Watuburik Wonorejo.

Walaupun bisa dibilang masih muda, keeper harimau ini sudah bekerja di Jurug selama 25 tahun, awal dulu di bagian satwa unggas, lalu satwa primata, sekarang harimau. Dibilangnya bahwa semua satwa itu penanganannya mayoritas sama hanya ketelatenan keeper kepada tiap tiap satwanya masing masing.





Biasanya harimau cukup dipanggil namanya maka Vini dan Septi akan menurut dan masuk ke kandang dalam, sehingga keeper agus bisa menjalankan tugasnya membersihkan kandang. Ya benar kedua harimau ini cewek semua, walaupun cewek tapi kan tetap harimau, jadi ya Agus harus ekstra hati hati.

Satwa harimau makan setiap hari, menunya daging ayam. Pada hari Rabu dan Sabtu satwa harimau berpuasa, tujuannya adalah agar menyesuaikan kondisi nyata bahwa dihutanpun kadang mereka dalam satu hari tidak mendapat mangsa apapun. Tujuan lainnya adalah agar bisa mengistirahatkan organ pencernaan harimau secara berkala.

Dalam tugasnya Agus dibantu pak Sartono, jam terbang yang tinggi biasanya karyawan menuai rasa kejenuhan dalam kerja. Namun Agus sang keeper harimau ini punya hobby travelling dan rekreasi ke lokasi lokasi yang berbau alam bebas, misal kemuning kebun teh karanganyar, atau daerah Yogyakarta. Sendirian loh dia dolannya, kalo ada yang mau menemani Agus juga tidak berkeberatan.

Mari kita jadikan Jurug sebagai target lokasi edukasi satwa dan rekreasi keluarga. kami tunggu kunjungan anda, baik perorangan maupun rombongan.
www.plazatamanjurug.com
 
Back to top!