Searching...
Minggu, 23 Agustus 2015

Julang Emas


Burung jantan kepalanya krem, bulu alis kemerahan bergantung dari tengkuk, kantung leher kuning tidak berbulu dengan strip hitam khas. Burung betina kepala dan leher hitam, kantung leher biru.

Klasifikasi Ilmiah,
Kerajaan  : Animalia,
Filum  : Chordata,
Kelas  : Aves,
Ordo  : Coraviiformes,
Famili  : Bucerotidae,
Genus  : Aceros,
Spesies  : Aceros undulates,

DISKRIPSI
Burung julang emas berekor putih; mata kuning dengan kulit disekitarnya merah; punggung, sayap dan perut berwarna hitam; paruh kuning dengan tanduk diatas paruh kecut kerunyut; kaki hitam; mempunyai suara salakan seperti anjing, diulang-ulang dan pendek parau. Burung jantan kepalanya krem, bulu alis kemerahan bergantung dari tengkuk, kantung leher kuning tidak berbulu dengan strip hitam khas. Burung betina kepala dan leher hitam, kantung leher biru.
PERILAKU
Hidup berpasangan (kelompok), terbang tinggi di atas hutan sambil mencari pohon buah-buahan, sering berbaur dengan rangkok lain dipohon berbuah.
REPRODUKSI
Pada saat mengeram burung betina dikurung dalam sarang yang terbuat dari lubang pohon dan ditutup dengan tanah campur air liur. Sarang ini  mempunyai lubang untuk memasukkan pakan dari burung jantan. Jumlah telur yang dihasilkan 2 butir dan menetas setelah 28 hari.
PAKAN
Burung ini memakan buah-buahan sebagai pakan utama, juga serangga, cacing, burung kecil, tikus kecil dan kadal.
HABITAT
Dihutan dataran rendah dan perbukitan di Kalimantan, Sumatra, Jawa dan Bali.

Mari kita jadikan Jurug sebagai target lokasi edukasi satwa dan rekreasi keluarga. kami tunggu kunjungan anda, baik perorangan maupun rombongan.
www.plazatamanjurug.com
 
Back to top!