Searching...
Minggu, 23 Agustus 2015

Gajah



Gajah Asia memiliki telinga lebih kecil sedikit dibandingkan gajah Afrika, mempunyai dahi rata, dan 2 bonggol di kepalanya, mempunyai 1 bibir diujung belalai dan gajah Asia jantan yang hanya mempunyai gading. Gajah Afrika mempunyai 1 bonggol diatas kepala, mempunyai 2 bibir diujung belalai dan kedua jenis kelamin gajah Afrika mempunyai gading.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan  : Animalia
Filum  : Chordata
Sub filum  : Vertebrata
Kelas  : Mammalia
Ordo  : Proboscidea
Famili  : Elephantidae
Genus   : Elephas
Spesies  : Elephas maximus

DISKRIPSI
Gajah merupakan hewan mamalia dengan ukuran terbesar didunia. Gajah ada 2 jenis yaitu Gajah Asia dan Gajah Afrika. Gajah Asia memiliki telinga lebih kecil sedikit dibandingkan gajah Afrika, mempunyai dahi rata, dan 2 bonggol di kepalanya, mempunyai 1 bibir diujung belalai dan gajah Asia jantan yang hanya mempunyai gading. Gajah Afrika mempunyai 1 bonggol diatas kepala, mempunyai 2 bibir diujung belalai dan kedua jenis kelamin gajah Afrika mempunyai gading.
PERILAKU
Kehidupan gajah sudah terstruktur, untuk betina menghabiskan hampir seluruh hidupnya didalam satu grup keluarga. Grup ini dipimpin oleh perempuan tertua, sedangkan jantan dewasa menghabiskan waktu dalam kehidupannya sendiri.
REPRODUKSI
Gajah berkembangbiak dengan cara beranak dan menjaga anaknya sampai mampu berdiri. Periode kehamilan gajah adalah 22 bulan, berat anak pada umumnya 120 kg. Seekor gajah dapat hidup selama 70 tahun
PAKAN
Gajah merupakan hewan herbivora. Makanannya terdiri atas sedikitnya rumput, dedaunan, ranting, akar, dan sedikit buah, dan benih.
HABITAT
Persebaran gajah Asia meliputi India, Asia Tenggara dan beberapa Eropa Timur. Sedangkan gajah Afrika persebarannya meliputi Afrika yang berupa padang rumput.
 
Back to top!